Categories
Home

Menikmati Arsitektur Hijau di Green School Bali

Bangunan dari bambu selebar 60m, interior yang memanfaatkan alam, hingga sungai yang digunakan sebagai kolam renang. Itulah yang akan ditemukan di Green School, sebuah sekolah internasional yang ada di Bali. Plang kecil dari batang bambu bertuliskan “Welcome to Green School” seakan menyambut dan pengunjung lain yang bertandang ke tempat ini.

Tak berapa lama, seorang pria berbaju khas Bali menghampiri kami; dialah yang akan mengantarkan pengunjung hari itu berkeliling di sekolah yang pernah menjadi finalis Aga Khan Award 2010 ini. Adalah John Hardy dan sang istri Chyntia Hardy, pengusaha perhiasan asal Kanada yang tinggal di Bali, yang menggagas sekolah hijau ini. Keduanya konon terinspirasi dari tulisan Al Gore tentang green living dan kemudian tergugah untuk mendirikan sekolah yang mengajarkan konsep “connected to nature”.

Mereka memutuskan untuk membangun sekolah berwawasan dan berlingkungan hijau dengan material lokal yang ramah lingkungan. Bambu jadi pilihan karena di Indonesia material ini mudah ditemukan. Bersama PT Bambu, biro lokal yang biasa menangani bambu, di tahun 2006 kemudian mereka mendirikan sebuah sekolah dengan lahan seluas 7.542m2 di pinggir Sungai Ayung, Ubud.

MENGEKSPLOR BAMBU

Diajak berkeliling ke beberapa tempat, yang walaupun tak banyak, sudah cukup untuk melihat “kehijauan” sekolah ini. pohon – pohon dibiarkan tumbuh berdiri lebat dengan jalan setapak yang alami terbuat dari tanah dan bebatuan sekitarnya. Dengan tidak adanya beton sebagai pengeras jalan. Seperti suasana perkampungan alami yang berada di hutan dengan alas tanah dan beratap ranting pohon yang rindang.

Di tengah rindangnya pepohonan, terlihat bangunanbangunan yang terbuat dari bambu. Semua bangunan yang ada di sekolah ini pun terbuat dari bambu. Itulah yang memang diinginkan oleh John Hardy agar semuanya alami terbuat dari bambu dan materi alam disekitarnya. Tak tampak ada tambahan material modern di sini, kecuali beberapa plesteran yang digunakan sebagai lantai ruangan. Bambu memang dieksplor habis-habisan di sini. Kami dapat melihat pemanfaatan kekuatan dan kefleksibelan bambu untuk bangunan bentang lebar seperti auditorium dan jembatan.

Informasi lengkap mengenai Distributor jual genset 500 kva di Bali bisa Anda dapatkan di PT. Rajawali Indo yang selalu memberikan harga diskon dan barang ready stock.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *